Tutorial Ms. Word 2007


 TAB HOME
1.    Memindahkan Teks                                                                                                                      
Untuk memindahkan teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang dikerjakan, langkah-langkahnya :                                                                                                                                       Pilihlah teks yang akan dipindahkan
Z  Klik home, pada grup Clipboard, klik icon cut   (atau CTRL+X di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik cut.
Z  Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
Z  Masih di tab home, klik icon paste  (atau CTRL+V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.
             2.      Menyalin Teks

Untuk menyalin teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langah-langkahnya :
>            Pilihlah teks yang akan dipindahkan.
>  Klik tab home, lalu klik icon copy  (atau CTRL+C di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik copy.
>  Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
>  Masih di tab home, klik icon paste  (atau CTRL+V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.

3.      Menyalin Format Suatu Paragraf ke Paragraf Baru

Misalkan sebuah paragraf dengan jenis huruf Arial ukuran 16 di bold, align center spasi 1,5 akan dicopy pengaturan tersebut ke paragraf lain atau paragraf baru tanpa menyalin teksnya, maka :
¨       Letakkan insertion point pada paragraf tersebut (yang akan dicopy formatnya).
¨       Klik perintah Format Painter  pada tab home di group clipboard maka pointer mouse berbentuk seperti sapu.
¨       Lalu klikkan pada paragraf baru (yang akan disamakan formatnya).
¨       Atau bisa dengan tekan CTRL+SHIFT+C di keyboard lalu sorot paragraf yang baru (paragraf yang ada atau yang baru setelah menekan tombol enter). Kemudian tekan CTRL +SHIFT+V.

4.      Membuat Bullet

Bullet adalah gambar-gambar kecil yang berfunsi untuk mempercantik tampilan dari suatu rincian atau urutan tertentu yang otomatis dilakukan oleh komputer. Langkah-langkah membuat bullet :
ª       Pilihlah paragraf yang akan diberikan bullet.
ª       Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Bullets .
ª       Klik gambar bullet yang diinginkan . Namun apabila gambar tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Difine New Bullet, kemudian klik Symbol atau Picture.                          
ª      Maka keluar kotak dialog symbol  atau kotak Picture bullet.
ª       Klik salah satu symbol atau gambar yang diinginkan, lalu klik OK lalu klik Ok kembali.

5.      Membuat Penomoran Otomatis

Untuk membuat penomoran otomatis pada suatu rincian, caranya :
©       Pilihlah paragraf yang akan diberikan penomoran.
©       Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Numbering  .
©       Klik jenis penomoran yang diinginkan. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Difine New Number Format, maka akan muncul kotak dialog.
©       Pilihlah number style, adalah untuk menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan.
©       Pada pilihan font, adalah untuk menentukan format penomoran.
©       Pada pilihan alignment adalah untuk menentukan perataan penomoran, bukan perataan paragraf.

6.      Menentukan Spasi Antar Baris

Apabila diperlukan, kita dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris, ikuti langkah berikut:
§      Pilih paragraph yang akan dirubah.
§      Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik icon Line Spacing . 
§      Klik format paragraf yang diinginkan.
Catatan :
Untuk memunculkan pilihan lain tentang spasi baris, klik Line Spacing Option yang muncul ketika mengklik icon Line Spacing .

7.       Menetukan Perataan Paragraf

Untuk menetukan perataan paragraf, langkah-langkahnya :
N  Pilih paragraf yang akan dirubah.
N  Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik perataan yang diinginkan misalnya :
ü  Align Text Left  untuk membuat teks rata di kiri saja.
ü  Align Center  unruk membuat teks rata di tengah.
ü  Align Text Right  untuk membuat teks rata di kanan saja.
ü  Align Justify  untuk membuat teks rata di kiri dan kanan.

8.      Menentukan Jenis, Ukuran dan Style Huruf

Untuk memperindah tampilan dokumen, kita dapat mengganti jenis huruf, ukuran huruf, style huruf maupun warna huruf.
Menentukan jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya yaitu :
·         Menggunakan perintah singkat (Icon)
Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya dengan menggunakan perintah singkat/icon. Caranya :
§  Tandai terlebih dahulu teks yang ingin kita rubah atau dapat dilakukan sebelum memulai mengetik.
§  Unruk merubah jenis huruf, klik item font (pada gambar panah)  yang terdapat pada tab Home dan grup Font, sehingga muncul daftar huruf dengan preview berikutnya. Lalu kliklah pada huruf yang akan dipilih.
§  Untuk merubah ukuran huruf, kliklah item font size  yang di sebelah item font lalu kliklah ukuran huruf yang diinginkan.
§  Untuk membuat huruf cetak tebal, klik icon bold yang berada di bawah item font Click Bold . Atau bisa juga dengan menekan CTRL+B di keyboard.
§  Untuk membuat huruf miring, klik icon italic  di sebelah kanan icon bold.
§  Untuk menggaris bawahi huruf klik icon underline  di sebelah kanan icon italic.
§  Untuk membuat huruf naik misalnya perpangkatan (m2), klik icon .
§  Untuk membuat huruf naik misalnya pada rumus kimia (O2), klik icon .
§  Untuk merubah warna huruf klik icon .
§  Untuk merubah bentuk misalnya dari huruf capital ke huruf biasa, dan sebagainya klik icon  lalu pilihlah bentuk yang diinginkan.
§  Untuk memberikan tulisan dengan diberi garis di tengah teks tersebut klik icon . Lalu teks tersebut akan berubah seperti Efek Gavitasi.  

9.       Menemukan Kata pada Dokumen yang Tersebar

Untuk menemukan sebuah kata pada dokumen yang tidak terlalu banyak/agak banyak mak dengan cara :
Ø  Klik tab Home, lalu cari grup editing dan klik Find maka muncul kotak dialog Find and Replace.
Ø  Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang akan dicari.
Ø  Lalu klik Find Next untuk mencari per kata. Atau klik Find in dan lanjutkan dengan mengklik Main Document untuk mencari seluruh kata.

10.   Mengganti Kata pada Dokumen

Untuk mengganti beberapa kata yang sama pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman ikuti langkah berikut :
¯  Klik tab Home, lalu cari grup editing dan klik Replace maka muncul kotak dialog Find and Replace.
¯  Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang akan diganti.
¯  Pada kotak pilihan Replace with, tulislah kata yang baru.
¯  Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang dimaksud.

Semoga bermanfaat dan selamat belajar :-)



      
  











                                                                                                                



 







Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan benar, terima kasih :) Show Conversion Code Hide Conversion Code Show Emoticon Hide Emoticon

Thanks for your comment